PRESS RELEASE & UNDANGAN PEMBUKAAN PAMERAN – Tribute to Nature (Photography & Digital Imaging Competition)…{CLOSED}

Press Release : Tribute to Nature (Photography & Digital Imaging Competition)

ALAM INDONESIA dengan berbagai keanekaragaman hayati, alam tropis yang indah, serta berbagai pesona tradisi, seni dan budaya yang senantiasa mempesona, adalah kekayaan alam yang sangat luar biasa. Kita sebagai manusia yang tinggal dan menikmati semua kekayaan alam selama ini, harus menyadari bahwa kita selama ini telah diberkati dengan segala kebaikan alam. Tetapi sayangnya seringkali mungkin kita meremehkan hal-hal terbaik dari alam.

Merupakan hal yang wajar bila kita harus selalu menghargai, memperdulikan, dan berusaha sebaiknya untuk melestarikan alam. Namun, akan merupakan suatu ungkapan yang berlebihan, bila kita hanya meneriakkan hal-hal yang terlalu besar untuk bisa kita lakukan.

“BERSYUKUR”, adalah pesan utama yang kedepannya ingin disebarkan TEH KOTAK kepada semua orang diseluruh Indonesia, dan bahkan dunia. Kami percaya bahwa pesan ini setidaknya akan mendorong fikiran dan tindakan lebih lanjut, dari kita semua yang bervisi sama, dalam langkah menuju impian mewujudkan kehidupan penuh penghargaan dan selaras dengan alam.

TEH KOTAK, dengan rasa syukur yang amat besar, mempersembahkan brand ini sebagai bagian dari langkah kecil untuk berbagi semangat “PERSEMBAHAN UNTUK ALAM // TRIBUTE TO NATURE”. Semangat ini diterjemahkan ke dalam usaha berkelanjutan dan terintegrasi untuk menggugah kita semua agar selalu ingat bahwa tak peduli siapa pun dan dari mana pun kita, sebagai makhluk alam kita akan selalu menjadi satu kesatuan dengan makhluk yang lain dan menjadi bagian dari alam itu sendiri.

Fotografi dengan segala daya pikatnya secara visual, menjadi sebuah cara lain untuk bercerita tentang isu-isu yang berkaitan dengan alam. Karenanya fotografi dianggap mampu untuk membentuk sebuah citra yang relatif umum & sederhana. Bahasa visual yang diciptakan oleh fotografi ini tidak serta merta menjadi rumit tetapi sanggup menghadirkan sebuah dialog yang terus mengalir. Bahkan sejumlah imajinasi yang dimiliki oleh para pelaku kreatif pun dapat disuguhkan ke dalam sebuah karya kreatif lainnya melalui unsur-unsur fotografi tersebut. Salah satunya adalah karya Digital Imaging. Sebab itu pula dewasa ini karya Fotografi & Digital Imaging memiliki keterkaitan yang erat antara satu dengan yang lainnya terutama dalam hal yang menyangkut sebuah proses kreatif.

Untuk itulah TEH KOTAK bekerjasama dengan Telinga Mata Communications & APC Institute menghadirkan sebuah program TRIBUTE TO NATURE. Program ini merupakan salah satu bentuk apresiasi TEH KOTAK untuk setidaknya dapat mengekspresikan dan berbagi semangat TRIBUTE TO NATURE kepada insan bangsa di seluruh nusantara, untuk senantiasa mengingat akan besarnya makna alam bagi kehidupan kita — dalam suatu persembahan intrepretasi karya kreativitas yang universal. Program TRIBUTE TO NATURE ini merupakan rangkaian program yang terdiri dari Kompetisi Fotografi & Digital Imaging, dan ditutup oleh Pameran Fotografi. Kompetisi yang terdiri dari dua kategori ini (Fotografi & Digital Imaging) telah berlangsung sejak awal bulan januari 2011, dengan batas akhir pengiriman karya pada tanggal 9 Maret 2011. Penjurian kompetisi ini pun telah dilaksanakan dengan lancar pada tanggal 18-19 Maret 2011 di Kota Bandung. Adapun Dewan Juri kompetisi ini terdiri dari Achmad Sadikin (Fotografer, Desainer Grafis & Praktisi Digital Imaging), Adithya Zen (Fotografer & Praktisi Digital Imaging), Dudi Sugandi (Pewarta Foto, & Redaktur Foto Harian Umum Pikiran Rakyat), Ferry Ardianto (Fotografer & Pengajar Fotografi), dan Galih Sedayu (Fotografer, Pengajar & Pendiri APC Institute). Sebanyak 359 peserta dari seluruh Indonesia (Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi & Papua) mengirimkan karya terbaiknya untuk diikutsertakan kedalam kompetisi ini. Jumlah foto yang masuk ke panitia sebanyak 1068 karya. Dari 1068 karya tersebut, para dewan juri kemudian memilih 30 buah karya foto yang menjadi finalis kompetisi ini. Dan untuk selanjutnya, dipilih 5 orang pemenang dari masing-masing kategori kompetisi (satu orang Juara ke-1,2,3 & dua orang juara harapan).

Akhirnya program TRIBUTE TO NATURE ini akan dipertanggung jawabkan kepada masyarakat luas melalui sebuah suguhan Pameran karya fotografi & Digital Imaging. Pameran ini merupakan kumpulan karya terbaik dari para peserta kompetisi se-Indonesia yang telah bertarung dengan menampilkan ide & imajinasi masing-masing melalui kreativitas visual.

Untuk itulah kami mengundang para sahabat media & masyarakat umum untuk menghadiri acara

PEMBUKAAN PAMERAN TRIBUTE TO NATURE (Photography & Digital Imaging Competition)

@ Gedung Indonesia Menggugat (GIM) – Jalan Perintis Kemerdekaan No 5 Bandung
Sabtu, 23 April 2011 Pukul: 09.00 Wib.
Opening Performance: Laskar Panggung (Sutradara Yusef Muldiyana)

Kami tunggu kehadirannya. Salam.

INFO LANJUT
APC Institute
surapati core blok m32
jalan phh.mustofa 39 bandung
telepon 022-87242729 / 70160771
contact person: rani (022-92347207)
apc_institute@yahoo.com & fotografibergerak@yahoo.com
http://www.apcphotoagency.wordpress.com & http://www.fotografibergerak.com
follow us on twitter @ APCinstitute

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: