WAYANG REDEMPTION (On the road to Photography Exhibition at Bandung Wayang Festival)

Air Photography Communications (APC) bekerjasama dengan Yayasan Narada Indonesia dan Kai Sadhana Services – Amrtha Vision mengundang para sahabat untuk dapat berpartisipasi pada program

WAYANG REDEMPTION
Sebuah Pameran Fotografi Tentang Wayang Indonesia pada saat Perhelatan Bandung Wayang Festival yang berlangsung tanggal 23 s/d 30 April 2011).

LATAR BELAKANG

Pada 7 November 2003, Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) mengakui Wayang Indonesia sebagai World Master Piece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Sampai saat ini hanya terdapat 28 warisan budaya di dunia yang diakui sebagai master piece intangible. Pengakuan ini sangat berarti bagi bangsa Indonesia, bahwa wayang sebagai budaya bangsa yang kita warisi dari leluhur diakui oleh dunia. UNESCO mengakui Wayang tidak hanya menjadi milik bangsa Indonesia, melainkan juga sangat tinggi nilainya untuk masyarakat dunia.

Wayang dalam terminologi yang lebih luas, adalah boneka yang dimainkan dalam sebuah pertunjukan. Setiap peradaban memiliki sejarah perkembangan wayangnya sendiri yang kemudian berinteraksi dan berkembang sesuai dengan dinamika nilai dalam masyarakatnya. Wayang dalam terminologi bahasa Indonesia, merupakan satu bagian dari kekayaan budaya bangsa Indonesia, dan merupakan peninggalan sejarah bangsa yang menunjukkan ciri-ciri khas Indonesia, berdasarkan nilai-nilai dan norma-norma yang dihargai masyarakat Indonesia selama berabad-abad. Dalam konteks global, wayang mempunyai nilai kearifan lokal yang kuat yang mencirikan sebuah kebudayaan besar.
Wayang ataupun boneka adalah artikulasi berbagai nilai yang dimaknai dalam sebuah peradaban untuk menjadi refleksi, tinjauan kritis pada sebuah kondisi, atau bahkan menjadi acuan kreatif bagi masyarakatnya. Proses pemaknaan dalam sebuah wayang sangat beragam bergantung pada bagaimana sebuah kebudayaan menempatkan wayang tersebut.

Bentuk fisik boneka wayang bukanlah semata-mata tiruan terdistorsi dari bentuk manusia asli, namun lebih pada pencitraan yang memuat dan mewadahi nilai-nilai simbolik. Maka wujud yang mengesankan gagah, besar, seram, cantik, tampan,jenaka atau lucu pada boneka wayang lebih menyiratkan aspek perwatakan dan spiritualitas suatu karakter wayang, bukan aspek lahiriah. Dengan istilah semiotika, wujud sosok hingga detail perupaan wayang secara tradisional bukanlah imaji ikonis dari fisik manusia, namun lebih pada imaji simbolik dari perwatakan manusia. Prinsip yang berlaku adalah secara ideoplastis, bukanlah visioplastis, yaitu wujud karya seni merupakan refleksi dari ide dan pemahaman tentang sesuatu dalam sebuah kerangka budaya bukan hasil pengamatan indrawi semata.

Di Indonesia, wayang memiliki beragam makna, bentuk, dan fungsi. Keberagaman ini memunculkan banyak sekali eksplorasi kreatif yang bagi sebagian kalangan dirasakan paradoks dengan nilai-nilai awal yang disisipkan dalam wayang tersebut. Bandung Wayang Festival mengakomodasi keberagaman, kebebasan kreatifitas, dan juga nilai-nilai yang terartikulasi dalam sebuah produk budaya wayang pada masa kini. Kehadiran keragaman inovasi tersebut diharapkan dapat disiarkan dalam sebuah forum yang pada akhirnya dapat dijadikan acuan untuk bentuk-bentuk kreatifitas selanjutnya, dalam berbagai bidang seni, keilmuan dan aplikasi. Bandung International Wayang Festival ini diharapkan menjadi ajang terbuka bagi berbagai gerakan kreatif itu, dan merupakan sebuah gerakan besar bersama yang dipelopori kota Bandung. (Tulisan dibuat oleh Hermawan Rianto, Direktur Bandung Wayang Festival)

KETERANGAN
Program pameran foto ini bebas bagi siapa saja yang memiliki kepedulian tentang Wayang Indonesia.

Bagi para sahabat yang ingin berpartisipasi dalam pameran foto ini, silakan mengirimkan karya foto tentang Wayang Indonesia melalui email ke fotografibergerak@yahoo.com atau dikirim langsung ke kantor air photography communications (apc) paling lambat tanggal 28 Februari 2011.

Karya foto yang dikirim disimpan dalam format jpeg dengan image size sisi terpanjangnya sebesar 2000 pixels.

Karya foto dapat berupa foto Still Life, Fine Art, Portrait, Conceptual,Journalism, Outdoor Scenes, Spontaneous Moments& Photo Essay selama menonjolkan ciri dari Wayang Indonesia.

Setiap file karya foto wajib diberi nama berupa nomor,nama fotografer,judul foto & nomor handphone. Sebagai contoh : 01_GAYUS_Wayang Menggugat_0811243567, 02_TAMBUNAN_Geliat Wayang Indonesia_0812456399, Dst.

Setiap karya foto peserta yang masuk akan dikurasi oleh tim kurator pameran fotografi.

Pengumuman bagi para peserta yang karya fotonya terpilih untuk pameran akan diberitahukan pada tanggal 3 Maret 2011.

Hak Cipta karya tetap menjadi milik fotografer.

WAKTU PAMERAN FOTO
23 s/d 30 April 2011

TEMPAT PAMERAN
CAWAN PHOTO SPACE
Surapati Core Blok M32
Jalan PHH.Mustofa 39 Bandung

Terimakasih atas atensinya. Kolaborasi para sahabat merupakan energi kreatif bagi kami.

FOTOGRAFI BERGERAK!!

INFO LANJUT
air photography communications (apc)
surapati core blok m32
jalan phh.mustofa 39 bandung
telepon 022-87242729 / 70160771
contact person: rani (022-92347207)
apcphotoagency@yahoo.com & fotografibergerak@yahoo.com
http://www.apcphotoagency.wordpress.com & http://www.fotografibergerak.com

  1. Kepada Yth.
    Partisipan Wayang Redemption
    di tempat

    Sehubungan dengan kurang minatnya peserta yang mengirimkan foto untuk pameran wayang ini (foto yang masuk hanya 5 peserta saja) dan tidak memenuhi kuota untuk pameran foto, maka dengan sangat terpaksa kami akan menunda program ini. Sebagai alternatif program pengganti, kami akan mencoba untuk membuat sebuah acara presentasi, workshop dan diskusi tentang wayang. Terimakasih kepada Deni Sugandi, Mieke Jenneta, Dedhez Anggara, Muhammad Iqbal & Aries Radhmandhy yang telah mengirimkan karya-karya fotonya kepada kami. Mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih.

    -apc-
    bandung 3 maret 2011

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: