THE WINNER OF PITA MERAH KAMI PHOTO STORY CONTEST

Photo Story by M Fadlah

Judul karya : “Kami berada dalam ketidakpastian, butuh dukungan bukan dipojokkan”

ODHA, atau orang yang hidup dengan HIV/AIDS,  tidak memiliki banyak pilihan dalam menjalani hidup. Pengucilan adalah bagian dari diri mereka. Tangan-tangan didalam plastik, berbicara mengenai keterkucilan ODHA dalam masyarakat. Seolah terdapat suatu medium pembatas yang kasat mata antar ODHA dan lingkungan sekitarnya. Ketidakmengertian kebanyakan orang akan seluk beluk HIV/AIDS  juga memicu para penderitanya memperoleh stigma negative dari lingkungan sekitar mereka. Padahal, banyak dari ODHA mendapat virus tersebut secara tidak sengaja, misalnya seorang istri yang ditulari oleh suaminya, atau seorang anak yang terlahir dari ibu yang adalah ODHA. mereka tidak pernah ingin dan tidak pernah menyangka tubuh mereka akan disinggahi oleh virus anti-masyarakat  tersebut. Pengucilan yang dilakukan lingkungan sekitar ODHA disimbolkan sebagai ketidakpedulian orang-orang terhadap sampah dalam plastik yang tergeletak dijalanan.

ODHA, dalam medium tak kasat mata, tidak butuh untuk dikucilkan, sama  seperti orang-orang “bersih” lainnya. Satu hal yang mereka butuhkan adalah pertolongan. Pertolongan, berupa perhatian akan menyelamatkan ODHA.

Dunia ini terdiri atas hal baik dan buruk. Ditengah keterpurukan, memang masih ada orang-orang yang peduli akan penderitaan ODHA, disimbolkan oleh seorang yang “menyelamatkan plastik” dari jalanan. Namun, golongan mulia tersebut masih sangat sedikit jumlahnya. Tidak ada salahnya bila kita memilih untuk masuk dalam golongan tersebut.

Untuk itulah, hal yang mereka butuhkan adalah perhatian dari kita, golongan masyarakat “bersih” yang kebanyakan, selalu memojokkan mereka. Tangan-tangan yang saling bertautan erat menunjukkan bahwa bantuan orang-orang sekitar akan sangat berarti bagi ODHA. Jadikan diri kita bagian dari orang-orang mulia. Dukungan kita-lah yang akan membuat mereka tetap hidup. Oleh karena itu, upayakan untuk menghentikan diskriminasi terhadap ODHA. Mereka manusia seperti kita. Kebahagiaan hakiki hanya akan terwujud bila semua golongan bahu membahu membantu ODHA. Berbaur dalam segala kegiatan positif. Stop diskriminasi terhadap ODHA.

“Butuhkan dukungan, bukan dipojokkan” (c) M Fadlah

“Diabaikan” (c) M Fadlah

“Selamatkan Aku” (c) M Fadlah

“Peduli” (c) M Fadlah

“Membantu Memberi Dukungan” (c) M Fadlah

“Keceriaan Kebersamaan” (c) M Fadlah

  1. ide yang keren!….

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: