Kado WFB untuk 200 Tahun Bandung

Kado WFB untuk 200 Tahun Bandung

[BANDUNG]- Menyambut ulang tahun Kota Bandung yang ke-200 tahun, Wartawan Foto Bandung (WFB) menggelar Pameran Esai Foto. Pameran kali ini diikuti oleh 19 Fotografer yang sehari-hari berkarya di 11 media cetak dan portal berita.Ketua WFB M Gelora Sapta mengungkapkan pameran yang menampilkan 27 karya seri foto ini merupakan yang pertama kalinya sejak 10 tahun lalu didirikan. “Para fotografer ini mencoba mengaktualisasikan sejarah, sisi lain Kota Bandung dari berbagai sudut ironi, tragis, namun sarat makna,” ujarnya di Bandung, Sabtu (18/9).

Menurut Gelora, demikian dia biasa disapa, pameran yang digelar sejak tanggal 20 September-3 Oktober 2010 itu sengaja mengambil tempat di Bandung Indah Plaza. ” Ini merupakan ajang aktualisasi sekaligus sosialisasi dunia foto jurnalistik kepada masyarakat.”

Pengerjaan ‘proyek ulang tahun’ ini, sambung dia dilakukan para fotografer sembari bekerja dalam himpitan deadline dan tuntutan menyetor foto dari masing-masing kantor. ” Kami berupaya memberikan yang terbaik,” tegas Gelora.

Pemilihan seri foto berupa esai merupakan sebuah upaya dari WFB untuk memberikan masukan kepada seluruh stake holder di Kota Bandung. Esai merupakan sarana yang tepat untuk menyampaikan kegelisahan sekaligus kritik membangun dalam waktu bersamaan. ” Tentunya tidak melupakan unsur estetika,” paparnya.

Beberapa tema yang diangkat dalam pameran ini, antara lain, pembangunan jembatan penyebrangan yang sia-sia, ketiadaan lahan buat bermain bagi anak-anak, kehidupan anak-anak jalanan di malam hari, dan geliat kehidupan di sisi Sungai Cikapundung. Gelora berharap kegiatan pameran dan beberapa program lainnya, seperti Pewarta (Foto) Bicara yang akan bergulir mulai Oktober 2010 dapat menjadi sebuah langkah awal untuk bersama-sama membangun Kota Bandung. Tentunya menuju ke arah yang jauh lebih baik.

Seusai pembukaan pameran, WFB akan menggelar diskusi pewarta foto bicara bertema “Membedah Foto Jurnalistik” dengan pembicara Oscar Motuloh (Galeri Foto Jurnalistik Antara), Septiawan Santana (Dosen Jurnalistik Unisba, penulis buku Jurnalisme Investasi), dan Tisna Sanjaya (Seniman, dosen seni rupa ITB) di Atrium BIP.

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi:
Ketua WFB M.Gelora Sapta (0813-940-65666)
Ketua Panitia Pameran Esai Foto 200 Tahun Bandung Deni Denaswara (0856-244-10075)
atau mengirim surat elektronik ke wartawanfoto_bandung@yahoo.com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: