Forum Ongkoss : Lomba Fotografi: Mencerahkan atau Menyesatkan?…{CLOSED}

Pertemuan Diskusi Ongkoss bulan ke-4, Selasa 28 September 2010.

Lomba foto sejatinya adalah adu gambar, membadingkan foto satu dengan yang lainnya. Karya tersebut akan terpilih bila mempunyai ragam rupa dan gagasan yang berbeda dengan pilihan entri yang terlalu banyak diterima.
Agar tidak bias, gelar lomba tersebut biasanya dibingkai oleh topik atau tema tertentu, untuk membatasi ruang gerak pesan yang disampaikan, bahkan lomba foto tersebut disesuaikan dengan “pesananan sponsor” penyelenggara lomba.

Lomba yang hadir di negeri ini didominasi dengan embel-embel sejumlah rupiah, bahkan beberapa penyelenggaraan lomba, dari tingkat pelajar, mahasiswa hingga umum nasional, panitia menyediakan jumlah uang yang sangat fantastis, dari belasan hingga puluhan juta! Tidak seperti lomba foto yang mengejar prestise (lihat Photography on the move-PR dan Salon Foto Indonesia) bentuk lomba seperti ini membuka peluang berharap meraih keuntungan finansial, bahkan bagi beberapa orang, lomba foto seperti ini dianggap sebagai sandaran hidup-sumber penghasilan finansial, yang disebut pemburu hadiah.

Apakah lomba foto kini telah kehilanga maknanya? Embel-embel “Rupiah” menjadi cita-cita, sehingga karya sejati harus lebur digerus kompromi tema tertentu? (baca: tema pesanan) Betulkah pembatasan tema dalam lomba turut pula memandulkan ruang geraka apresiasi imajinasi? ataukah sebaliknya? Mencerahkan atau proses pembodohan yang sistematik? Mari kita kupas bersama-sama, secara elegan di ruang diskusi bersama Omong Kosong Sore-Sore, pertemuan bulan ke-empat.

Hari/tanggal
Selasa, 28 September 2010

Waktu/tempat
Pkl. 16.00 – 17.00 WIB, tempat masih dalam konfirmasi (GRATIS!)

Tentang Ongkoss
Forum apresiasi fotografi yang lahir tanggal 7 Juni 2010 di Bandung. Ruang bersama ini digagas dianggap perlu untuk berdialog, sekaligus untuk mengupas persoalan-persoalan seputar fotografi untuk fotografi itu sendiri.

Untuk informasi dan konfirmasi:
denisugandi@gmail.com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: