Karya-Karya Foto “Makna Kemerdekaan Melalui Bahasa Fotografi”

(c) Arindra Syafitri Andhani

makna kemerdekaan bagi saya adalah pada saat ini kita sudah bisa mengibarkan bendera dengan leluasa tanpa harus sembunyi-sembunyi seperti saat masih dijajah oleh Belanda dan Jepang dahulu.

(c) Idham Hanafiah

Generasi muda yang memaksa tumbuh di tengah relief abstrak masalah indonesia.

(c) Anggoro Harry

Foto ini saya ambil pada saat saya masih berada di Klaten tempat saya berasal , foto itu saya ambil saat saya berjalan di depan warung soto dekat rumah saya.

Indonesia telah merdeka selama ini, mulai tahun 1945 – 2010. Tetapi ironisnya, saya masih menemukan (ini yang saya saksikan dan alami sendiri) ada anak-anak yang masih kesulitan dan tidak bisa masuk bersekolah, keluarga mereka miskin dan tak mampu membayar biaya sekolah. Lebih ironis lagi, masih ada anak-anak yang masih kekurangan makanan, bahkan lebih parah lagi kekurangan minum air yang layak minum karena kondisi kemiskinannya.

Apakah itu makna sesungguhnya kemerdekaan kita selama ini?

(c) Helmi Frawisandi
Judul : H.A.M = MERDEKA

foto diatas setelah saya sahur tanggal 12 agustus 2010
saya jalan jalan mengelilingi kota bandung
dan pemandangan inilah yang saya jumpai,
saya hanya memahami dari saya kecil duduk di bangku SD sampai saya kuliah sekarang,
yang saya pahami para Pahlawan kita ingin merdeka karena tidak mendapatkan H.A.M dari penjajah, dan juga agar anak cucunya mendapatkan H.A.M

H.A.M (Hak Azazi Manusia):

  • Hak untuk hidup.
  • Hak untuk memperoleh pendidikan.
  • Hak untuk hidup bersama-sama seperti orang lain.
  • Hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama.
  • Hak untuk mendapatkan pekerjaan

Apakah sekarang kita dapatkan yang lima itu??
kalau sudah dapat syukur, tapi nih ada tapinya
dan masikah kita melihat orang disekitar kita tidak mendapatkan itu??
kalau masih ada tandanya mereka belum merdeka dan kita juga belum merdeka
karena kita ini satu, jadi apabila dari kita masih ada yang belum dapatkan yang lima itu maka kita juga belum merdeka…,

dan semoga merdeka ini untuk kebersamaan masyarakat Indonesia

(c) Siti Aisyah

Saya mengambambil gambar pohon bambu,karena timbul dalam benak saya,apakah ada hubungannya semakin berkurangnya populasi tanaman bambu ini denagn menurunnya semangat juang bangsa ini?
Pasalnya,dahulu kala semasa penjajahan,para pahlawan hanya menggunakan bambu runcing,dan mereka tetap semangat. Lalu,apa soplusinya untuk anak bangsa sekarang?apakah kita harus menanam bambu sebanyak – banyak nya?

(c) Yusuf Aldeby

Mengisi kemerdekaan adalah tugas kita sebagai warga negara. Sebagai seorang civitas academica, kita bisa mulai mengisi kemerdekaan dengan cara belajar dengan giat dan rajin.

(c) Irsyad Asmarandhi

Negara kita telah merdeka 65 tahun……….
hanya negaranya saja yang telah merdeka, namun dilihat dari aspek lain banyak yang masih terjajah…….
masih banyak kesenjangan sosial yang sangat menonjol. sebuah gedung yang sedang dibangun dengan begitu megahnya di tengah-tengah lingkungan seperti itu…
itulah cerminan bangsa kita saat ini

(c) Pilander Tias Baptista

Dari foto tersebut dapat tercermin dimana arti kata MERDEKA yang sesungguhnya sudah dapat kita rasakan, selain itu, mengibarkan bendera merah putih di masing-masing rumah merupakan salah satu bentuk partisipasi kita dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI dan bentuk penghargaan kita kepada para pejuang kita.

(c) Yudha Febfrin

Kemerdekaan negara kita belum disertai dengan kemerdekaan dari mafia hukum.
Beberapa anggota masyarakat masih diperdaya oleh oknum yang bermain dengan hukum.
Mereka memiliki tanda bahwa pemilik sah bangunan tersebut.

“Try in Crowded” (c) Rezky Febrinando

Indonesia secara fisik sudah merdeka, tetapi rakyat Indonesia sendiri belum sepenuhnya merdeka. Masih banyak rakyat Indonesia yang menderita dan di bawah garis kemiskinan.
Banyak dari mereka yang tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok seperti sandang, pangan dan papan. Kemerdekaan Indonesia tidak sepenuhnya dirasakan oleh seluruh rakyat. Kemerdekaan sejati akan didapatkan Indonesia jika jauh dari kemiskinan dan diskriminasi

“Merdeka” (c) Ikhsan Maulana Akbar

Tema dari foto ini adalah ” Merdeka Atau Mati ” . maksudnya indonesia harus merdeka tidak hanya secara bebas dari penjajahan, namun harus merdeka dari segi kehidupan juga. jika sudah bebas namun tidak berkembang maka akan mati. mati dari perkembangan dunia dan tidak bisa berubah menjadi lebih baik.

(c) Sylvia Simamora

Makna kemerdekaan dari photo ini adalah semangat,kekompakan,komitmen bekerjasama untuk mencapai hasil yang terbaik sehingga walaupun kita agak goyah,tapi kalau sudah ada landasan-landasan diatas maka arti dari kemerdekaan itu akan tetap dijunjung tinggi oleh setiap orang.

(c) Nisa Amalina S

Merdeka berarti dapat berdiri di atas tanah air kita sendiri dengan kedaulatan yang penuh dan terlepas dari belenggu penjajahan.

Bangsa Indonesia yang kala itu hidup begitu sengsara meskipun berpijak di atas bumi nusantara yang begitu kayanya, sangat menantikan detik-detik pendeklarasian kemerdekaan Indonesia.

Perjuangan para pahlawan kita yang tanpa pamrih dalam melawan kolonialisme dan imperialisme, akhirnya membuahkan impian itu..

Kita, putra-putri Indonesia saat ini sudah sepatutnya melanjutkan perjuangan itu. Pengekspresian rasa syukur kita akan kemerdekaan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk salah satunya adalah dengan membangun tugu/monumen ini. Selain itu, monumen ini dibangun sebagai pengingat bagi kita akan besarnya harga yang harus dibayar para pejuang dalam mencapai kemerdekaan Indonesia.

(c) Siska Anggraini

Anak2 kecil yang bangga dengan kemerdekaan, meskipun siang hari yang terik, mereka tetap antusias untuk meraykan kemerdekaan RI.

(c) Agnes Anggraeni

foto berikut ini merupakan contoh dari belum merdeka nya negara kita dari kemiskinan .
menurut saya kemerdekaan bukan hanya merdeka dari penjajahan negara lain, tapi kita harus merdeka dalam hal kemiskinan. Dua orang anak dalam foto ini contoh dari begitu banyak nya anak-anak jalanan di Indonesia, sebagian dari mereka tidak pernah merasakan bangku sekolah dan tidak mendapat pendidikan yang seharus nya semua anak Indonesia dapat kan. mereka dibebani dengan ekonomi keluarga yang mengharuskan mereka menjadi anak jalanan dengan cara menjadi pengamen, pedagang koran, bahkan menjadi pengemis.
di belakang dua anak ini di pasang beberapa bendera untuk menyambut hut RI dan menandakan bahwa negera kita telah merdeka, tetapi tidak dengan anak-anak ini yang belum merdeka dari kemiskinan.

(c) Yodia Widyani

Maknanya adalah seorang anak kecil yang bangga erhadap bangsa indonesia

(c) Dewanda Saputri

foto lama yang alhamdulilah masih saya simpan sebagai kenang2an..

(c) Septiannisa Maulida

walaupun Indonesia sudah merdeka, bukan berarti semua penduduknya hidup sejahtera. tapi mereka yg hidup dengan kondisi yg memprihatinkan masih memperingati kemerdekaan  dengan cara memasang bendera di depan rumah.

(c) Rima Pratita

Makna kemerdekaan dalam foto ini adalah kita sebagai bangsa Indonesia sudah tidak memperdulikan apa itu arti dan makna dari kemerdekaan dan perjuangan bangsa Indonesia dahulu.  sehingga kemerdekaan indonesia sekarang ini hanyalah sekedar hiburan dan hiasan semata. bisa dilihat dari foto ini terdapat deretan bendera merah putih yang hanya sebagai penghias jalan ruas di kampus saya.

(c) Devi Liana Pratiwi

Foto ini menggambarkan bahwa kemerdekaan tak sepenuhnya dimiliki atau di rasakan oleh semua orang khususnya generasi-generasi muda yang seharusnya memiliki hak dan kesempatan mengembangkan potensi yang dimilkinya dan juga memperoleh pendidikan di tanah airnya. dalam gambar ini banyak timbul pertanyaan dan pekerjaan rumah bagi pihak2 yang sepenuhnya memegang wewenang atas hak-hak dan nasib mereka karena ‘sampai kapan pendidikan hanya akan selalu menjadi mimpi buat mereka’ namun mereka tak pernah lelah untuk bermimpi .

(c) Lidya Luciana

Foto ini menggambarkan tentang kecerdasan masyarakat Indonesia di bandingkan dengan negara lain.contoh gambar ini menggambarkan juga,bagaimana seorang masyarakat yang mempunyai motor yang di produksi negara jepang.dia memberi cat warna bendera Indonesia,dan berlambangkan honda produksi negara jepang.namun ini bukan produk Indonesia asli,kita masih jauh untuk sejajar dengan negara pemroduksi ini.dan kita masih menjadi masyarakat yang konsumtif,kita hanya bisa menggunakan tetapi tidak bisa memproduksinya.semoga tahun yang akan datang ,Indonesia akan bisa lebih berkarya dari pada negara lain khususnya negara pemroduksi motor tersebut.DIRGAHAYU INDONESIA

(c) M Akbar Fahlevi HSB

Meskipun di daerah kumuh, semangat anak bangsa untuk merayakan kemerdekaan tergambar dengan bangga membawa sang Merah Putih.

(c) Arga Arkadhia yusuf

Berkibarlah benderaku!!

(c) Donie Hulalata

Kemerdekaan bagaikan gembok yang telah terbuka.

(c) Patra Pamindo

Apakah kita sudah merdeka seluruhnya?

(c) Nindya Priska Permata

Hari kemerdekaan harus dirayakan dengan bergembira, karena kita bangsa Indonesia telah merdeka. Meskipun hari kemerdekaan telah lewat, namun semarak kemerdekaan masih berkobar di jalan-jalan.

(c) Rivira Tania

Terdapat beberapa rumah di dalam foto, namun hanya 1 rumah yang mengibarkan bendera Merah Putih. Semangat kemerdekaan yang kurang dipahami oleh masyarakat.

(c) Febrianto Nugroho Adi

Foto yang saya unggah ini adalah sebuah foto pendakian para pecinta alam pada saat memperingati HUT RI ke-65.
Kita dapat mengambil hikmah dari perjuangan mereka mencapai puncak dan mengibarkan bendera merah putih.
Sebagai generasi muda,
Marilah kita melanjutkan cita-cita bangsa dengan hal-hal yang positif demi kemajuan bangsa Indonesia!

(c) Dwi Okta Mahardika

Maksud dari foto ini,…
Merdeka!!!!!! Merdeka adalah hak semua bangsa, walaupun penjajah telah pergi, tapi kemiskinan tetap saja menghambat rasa kemerdekaan orang miskin. Tapi tak pernah padam rasa kemerdekaan itu, sekali merdeka tetap merdeka…meskipun tak bisa memperingati hari kemerdekaan di ISTANA MERDEKA, para penjual bendera tetap bisa memperingatinya dengan menjual bendera di jalanan. Meskipun terik membakar, tapi semangat 45 tetap membara!!!

    • IRSYAD AMARANDHI
    • August 23rd, 2010

    menanggapi foto dari Helmi Frawisandi
    memang banyak kita temukan tanda-tanda bahwa masyarakat kita belum merdeka, berbagai kesenjangan sosial.
    banyak aspek dalam negeri ini yang harus dirubah…

      • Helmi Frawisandi
      • August 24th, 2010

      benar
      karena menurut saya, kita mengisi kemerdekaan ini bukan hanya dengan simbol menaikan bendera
      karena Pejuang kita berjuang bukan hanya untuk menaikan bendera,
      tapi untuk Hak yang akan memakmurkan Negara ini yang akan diwariskan ke anak cucu.

    • pilander tias
    • August 24th, 2010

    Saya ingin memberi deskripsi tentang foto saya.
    Dari foto tersebut dapat tercermin dimana arti kata MERDEKA yang sesungguhnya sudah dapat kita rasakan, selain itu, mengibarkan bendera merah putih di masing-masing rumah merupakan salah satu bentuk partisipasi kita dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI dan bentuk penghargaan kita kepada para pejuang kita.

    • Sylvia Agustina Simamora
    • August 24th, 2010

    Saya ingin mengomentari foto Arindra.

    Dalam foto tersebut sudah terlihat makna kemerdekaan itu apa melalui kita setiap tahunnya melaksanakan upacara bendera.
    gimana sikap teduh kita dalam melaksanakannya.
    Dan diharapkan sikap semangat dan nilai juang kita junjung tinggi.

    • Rima Pratita R
    • August 24th, 2010

    saya ingin menanggapi foto dari Yusuf Aldeby
    menurut saya, makna kemerdekaan Indonesia memang sangat susah untuk di laksanakan. hal yang paling mudah dan hal yang paling bisa kita lakukan dari kemerdekaan itu sendiri adalah dengan belajar dengan tekun agar kita bisa memerdekakan negara kita sendiri. karena banyak aset2 negara kita yang banyak diambil alih oleh bangsa lain, sehingga dengan cara belajarlah kita dapat memerdekakan aset aset negara yang telah dirampas oleh negara lain.

    • nisa amalina
    • August 24th, 2010

    Mengomentari foto dari Irsyad Asmarandhi..
    Memang sangat ironi melihat realita yang tejadi di negeri ini. Pembangunan yang dilaksanakan masih jauh dari pemerataan. Kemerdekaan yang kita elu-elukan sepertinya jauh dari makna aslinya. Foto ini menggambarkan sekali begitu diabaikannya pemenuhan kesejahteraan rakyat.

    • arindra syafitri andhani
    • August 24th, 2010

    menanggapi foto Anggoro Harry
    saya merasa kasihan dengan anak-anak yang tidak bisa merasakan pendidikan sama sekali, saya merasa beruntung masih bisa merasakan pendidikan sampai di bangku kuliah seperti sekarang.
    semoga ilmu yang saya dapatkan sampai sekarang bisa bermanfaat bagi orang lain sehingga walaupun sedikit tapi saya dapat berbagi dengan orang yang membutuhkan.

    • yodia widyani
    • August 24th, 2010

    fotonya Idham kereeeeeen

    • Siska Anggraini
    • August 24th, 2010

    saya ingin mengomentrai foto Helmi Frawisandi,menuru saya foto tersebut sangat baik untuk ditunjukan kepada pemerintah kita saat ini,agar pemerintah tau bahwa negara kita sudah merdeka sejak tahun 1945 tetapi masih saja masyaraktnya tidak mempunyai hak mereka yaitu tempat tinggal,sehingga banyak masyarakat yang terlantar di sepanjang jalan ibu kota
    apa ini yang di bilang MERDEKA ?
    yang merdeka hanya masyarakat menengah atas saja,tetapi selebihnya masih banyak masyarakatnya yang terlantar.
    sekian dari saya terima kasih.

    • Yudha Febfrin
    • August 24th, 2010

    Menaggapi foto Yusuf Aldeby
    Saat kekerdekaan ini kita memang diminta untuk cerdas…
    Tetapi masih banyak rakyat indonesia yang masih belum merdeka dari kebodohan…

    • Muhammad Bronto Latief
    • August 24th, 2010

    Menanggapi foto Ikhsan Maulana Akbar

    lebih baik merdeka dari pada mati,karna setiap orang memepunyai hak yang sama termasuk hak untuk bebas dari berbagai macam belunggu penghalan,tetapi hak seseorang dibatasi oleh hak orang lain untuk itu kita harus mempunyai toleransi agar setiap orang dapat merasakan kemerdekaan lahir dan batin tanpa membuat orang lain merasa dijajah.

    • Dewanda Saputri
    • August 25th, 2010

    saya ingin mengomentari foto patra..
    penjajaran bendera merah putih yang enuh makna dengan orang jalanan yang sedang beristirahat..
    bagus banget idenya,Pat..
    tpi klo menurut saya oranngnya kurang jelas..
    lebih dramatis lgi klo wajah dri orang jalanannya itu diperlihatkan..
    hehe😀

    • idham
    • August 25th, 2010

    fotonya sangat bagus. benar-benar merepresentasikan arti kemerdekaan.

    • patrapamindo
    • August 25th, 2010

    fotofoto yang menarik untuk dilihat ,dan memberikan arti yang baik, untuk bangsa indonesia,
    merdekamerdeka,jempol ku angkatb untuk semua foto yang ada disini

    • yodia widyani
    • August 25th, 2010

    fotonya yodia keren looooh,anak kecilnya juga lucu loooh : )

    • Febrianto Nugroho Adi
    • August 25th, 2010

    Saya akan mengomentari foto dari Siska Angraeni.
    Menurut saya foto tersebut sangatlah memiliki makna
    dimana anak-anak kecil dengan kesederhanaan memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

    • Dwi Okta Mahardika
    • August 25th, 2010

    Saya akan mengomentari foto dari Nisa Amalina,
    menurut saya bagus ya, karena disamping mahakarya patung yang didesain dengan indah, foto tersebut juga melambangkan betapa kerasnya perjuangan para pahlawan untuk mencapai puncak kemerdekaan.

    • ikhsan maulana akbar
    • August 25th, 2010

    saya ingin menanggapi foto donie hulalata, merdeka layaknya gembok yang terbuka. tidak lagi terpaku pada satu kunci untuk bergerak bebas.

    • Donie Hulalata
    • August 25th, 2010

    saya ingin berkomentar untuk fotonya dewanda saputri,

    semngat pemuda yang lagi lomba tarik tambang, menggambarkan semngat luar biasa dri generasi muda kita..

    mudah2an smngat luar biasa seperti ini yang mampu membentuk pribadi bangsa Indonesia.. .salah satunya kita sebagai generasi muda😀

    • Siti Aisyah
    • August 27th, 2010

    kepada Idam
    Kita bukanlah generasi muda yang memaksa tumbuh,bagaikan janin yang sejatinya tidak pernah meminta untuk di lahirkan,tapi kita adalah generasi bangsa yang terjebak dalam kemelut problematika bangsa ini,dan kita harus berusaha untuk dapat keluar dari problematika bangsa ini sebagai perwujudan rasa terimah kasih kita pada bangsa yang telah membesarkan kita.

    • Siti Aisyah
    • August 27th, 2010

    buat foto nya Ririva Tania,
    iya ya?kenapa begitu,
    padahal kalau dilihat lihat itu adalah lingkungan perumahan yang cukup elit,
    Seharusnya mereka yang sudah lebih bisa merasakan kemerdekaan harus lebih menghargai kemerdekaan bangsa ini.
    Apa susah nya bagi mereka menegakkan bendera?
    atau mereka beralasan tidak ada budget untuk beli bendera?

    • Siti Aisyah
    • August 27th, 2010

    Untuk Anggoro Hary
    menurut saya kita belum merdeka dalam arti yang sesungguhnya!
    sebenarnya anak-anak Indonesia itu bisa bersekolah sampai jenjang SMP,kan wajib 9 tahun,namun itu maslahnya,populasi Koruptor negri ini semakin saja meninggkat,tidak hanya di kalangan pejabat atas,tapi juga pendidik.
    misalnya saja sekolah korupsi dana BOS yang seharusnya untuk membangun fasilitas sekolah,membeli buku dsb.

    • Siti Aisyah
    • August 27th, 2010

    Menjawab pertanyaan Patra Pamindo
    BELUM. kita belum merdeka seutuhnya.
    bahkan saat ini kita sedang dijajah melalui perang pemikiran!

    • Siti Aisyah
    • August 27th, 2010

    Mengomentari Foto M>Akbar Fahlevi Hsb

    Sebagai anak bangsa emang harus bangga donk mengibarkan bendera sendiri.
    Kalau ga bangga dan PD,perlu dipertanyakan tuh status kewarganegaraannya.

    • Siti Aisyah
    • August 27th, 2010

    kepada Devi Liana Pratiwi
    Pemerintah baca novelnya Hirata:Sang Pemimpi,dan juga nonton Film nya ya….

    • Siti Aisyah
    • August 27th, 2010

    Untuk mengomentari foto Arindra
    Bagi saya kemerdekaan itu tidak hanya pada pengibaran bendera secara terang-terangan,tapi lebih kepada kebebasan dan kepemilikan negara ini secara utuh dari berbagai aspek,mulai dari wilayah hingga ideologi.
    Jangan sampai kita mau dijajah lagi.
    zaman sekarang itu tidak perang-perangan lagi,soal perang mah penjajah takut sama Indonesia,sama semangat perangnya,tapi sekarang penjajah-penjajah itu mulai menjajahi alam pemikiran bangsa ini!

    • Siti Aisyah
    • August 27th, 2010

    Mengomentari foto Helmi:

    Agar kemerdekaan ini menjadi milik bersama,mari kita banyak-banyak beramal,sadakah,infaq,dsb.
    mari kita mulai berfikir untuk orang lain,menyisihkan uang saku kita walau hanya Rp100,- per hari.
    nah sekarangkan Ramadhan,jangan lupa bayar zakat ya….!

    • Febrianto Nugroho Adi
    • August 27th, 2010

    Saya ingin mengkomentari foto dari Doni
    menurut saya foto cukup baik dimana foto milik saudara Doni menggambarkan dimnana posisi bangsa Indonesia saat ini.
    Walaupun indonesia sudah 65 tahun merdeka tetapi masih banyak warga negaranya yang masih terbelenggu dari pada arti kemerdekaan.

    • Febrianto Nugroho Adi
    • August 27th, 2010

    Saya ingin mengkomentari foto dari Devt Liana Pratiwi.

    kapan kemiskinana di negara kita teratasi?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: